home Artikel Tips Bisnis 25 Tips Menjadi Seorang Freelancer yang Efektif

25 Tips Menjadi Seorang Freelancer yang Efektif

Bekerja secara freelance atau lepas sebagai freelancer, baik di bidang penerjemahan maupun di bidang lainnya, saat ini kian menjadi pilihan hidup banyak orang.

Seorang freelancer lazimnya bekerja sendiri untuk dirinya sendiri, tanpa ada komitmen jangka panjang dengan orang lain atau pihak pengguna jasa. Namun tidak adanya komitmen jangka panjang tidak berarti seorang freelancer boleh bersikap semaunya dalam berhadapan dengan klien. Ingat, dengan atau tanpa komitmen jangka panjang, seorang freelancer tetap membutuhkan klien demi kelangsungan bisnisnya maupun hidupnya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi seorang penerjemah freelance yang efektif:
1. Cobalah melihat jasa atau produk yang Anda tawarkan dari perspektif klien Anda – mengapa mereka harus memilih jasa Anda disbanding penerjemah lain? Apa keunggulan atau kelemahan Anda?
2. Dapat diandalkan dan membangun kredibilitas.
3. Senantiasa menepati, atau jika memungkinkan, mengalahkan deadline.
4. Jangan menetapkan janji atau target tidak realistis yang pada akhirnya gagal Anda penuhi dan akan membuat klien Anda kecewa.
5. Ketika Anda mengalami masalah dengan proyek tertentu, temukan sisi positifnya dan cari solusi terbaik.
6. Curahkan perhatian penuh kepada semua klien, jadikan mereka merasa unik dan spesial.
7. Bangunlah hubungan yang lebih bersifat pribadi dengan klien, namun jangan terlalu berlebihan.
8. Jangan membiarkan klien Anda bertanya-tanya – tidak diperlukan waktu lama untuk mengirim sebuah email.
9. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan agar Anda lebih memahami proyek yang akan dikerjakan dan memenuhi hasil yang diharapkan.
10. Mintalah umpan balik dari klien Anda agar Anda bisa meningkatkan kualitas jasa dan produk Anda.
11. Buat website yang sederhana dan mudah dinavigasi sebagai tempat menawarkan jasa Anda sehingga semua orang bisa dengan mudah mengetahui latar belakang keahlian dan jasa yang Anda tawarkan.
12. Hormati klien Anda dan tunjukkan pengakuan.
13. Balaslah semua email dengan cepat dengan menunjukkan rasa hormat yang tinggi.
14. Jika Anda bertemu dengan klien Anda, baik di telepon maupun secara langsung, datanglah lebih awal. Datang awal adalah tepat waktu, datang tepat waktu adalah terlambat.
15. Jika memungkinkan kumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai klien Anda untuk menunjukkan jika Anda sangat siap.
16. Jadilah seorang pemecah masalah – Tidak perlu berfokus pada masalah, namun berfokuslah untuk mencari solusi.
17. Tawarkan sejumlah paket berbeda (misalnya: 3 paket, perunggu, perak, dan emas).
18. Jadikan pekerjaan Anda berbicara untuk Anda – Apakah Anda pernah memenangkan lomba desain? Situs Anda berhasil ditampilkan di situs bergengsi? Diwawancarai oleh media?
19. Berikan kepada pelanggan Anda semua hal yang diinginkan oleh setiap manusia : persahabatan, penghormatan, pengakuan, perhatian, kehandalan, dan senantiasa memenuhi janji-janji Anda.
20. Berikan karakter pada bisnis freelance Anda sehingga klien akan melihat Anda dan/atau perusahaan Anda sebagai sesuatu yang unik dan bersahabat
21. Tidak masalah seberapa besar nilai layanan atau produk Anda di mata Anda, jadikan hal itu sama-sama bernilai di mata klien.
22. Ingat untuk sesekali mengirim email singkat kepada klien lama Anda agar Anda tetap terus berhubungan.
23. Apabila klien Anda meminta hal kecil untuk dilakukan, selesaikan hal itu. Camkan bahwa hal-hal kecil itulah yang terkadang penting.
24. Jangan merasa minder jika mendapat klien bergengsi, orang/perusahaan ini menawarkan pekerjaan kepada Anda karena menurut mereka Anda layak untuk waktu dan uang mereka. Ini merupakan tanda yang bagus.
25. Hal paling penting untuk disadari adalah setiap klien bisa menjadi orang yang merekomendasikan bisnis kita. Jika kita mengikuti tips-tips di atas, kemungkinannya sangat besar klien akan merekomendasikan kita kepada orang lain. Tidak ada cara lebih baik dalam mendorong bisnis freelance kita selain mengubah klien kita menjadi agen promosi kita.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.