home Artikel Tips Bisnis Cara Mendaftar/Membuat Akun PayPal

Cara Mendaftar/Membuat Akun PayPal

Seiring dengan menjamurnya bisnis online, media pembayaran berbasis internet pun kian tumbuh pesat.

Saat ini sebagian penerjemah pun sudah menjalin kerjasama dengan agensi penerjemah atau klien di luar negeri. Agensi penerjemah luar negeri ini umumnya menuntut penerjemah memiliki akun pembayaran yang praktis, handal, dan aman.

Banyak agensi yang menolak mengirim honor mereka kepada penerjemah melalui media pembayaran konvensional seperti wesel luar negeri, transfer antarbank, atau Western Union.

Selain biayanya lebih mahal, media pembayaran konvensional biasanya menetapkan limit pengiriman uang yang cukup tinggi, sehingga tidak memungkinkan dilakukannya pembayaran di bawah USD 100.

Karenanya, memiliki akun di situs pembayaran online menjadi hal yang wajib bagi penerjemah saat ini.

Ada banyak pilihan sistem pembayaran, salah satunya yang paling populer adalah PayPal.

Dibanding media pembayaran online sejenis, seperti Moneybookers, AlertPay, Web Money, e-Gold, atau Liberty Reserve, PayPal relatif lebih mudah digunakan. Sejak dari pendaftaran, transfer/pengiriman uang, penarikan uang ke bank local, hingga belanja online, semuanya sangat mudah dijalankan.

Berikut adalah tips/cara mendaftar/membuat akun PayPal:

1. PayPal menggunakan alamat email sebagai identitas akun Anda. Karenanya, pastikan Anda sudah memiliki email

Sangat disarankan untuk menggunakan email pribadi, karena jika menggunakan email perusahaan, Anda akan kerepotan jika suatu waktu nanti Anda berhenti bekerja dan email Anda dinonaktifkan.

2. Buka website PayPal (www.paypal.com). Di kotak Login sebelah kiri, klik Sign Up.

Selanjutnya akan muncul jendela baru ‘Create your PayPal Account.’ Pada kotak ‘Your country or region’ pilih Indonesia dan pada kotak ‘Your language’ Anda bisa membiarkan pilihan U.S. English untuk bahasa Inggris atau mengganti menggunakan bahasa Indonesia dengan mengklik panah kecil di sebelahnya untuk memilih Bahasa Indonesia.

Jika Anda memilih Bahasa Indonesia, jendela baru akan muncul dan otomatis PayPal berubah menjadi bahasa Indonesia.

Selanjutnya pilih kotak ‘Personal’ atau ‘Pribadi’ dan klik ‘Get Started’ atau ‘Memulai.’ Setelah muncul jendela baru, masukkan informasi diri Anda.

– Email address/Alamat email: masukkan alamat email Anda
– Choose a password/Pilih kata sandi: masukkan password Anda, minimal 8 karakter
– Re-enter password/Masukkan ulang kata sandi: ketik kembali password Anda
– First name/nama depan: ketik nama depan Anda
– Middle name/nama tengah: ketika nama tengah Anda. Kosongkan jika tidak ada.
– Last name/nama belakang: ketik nama belakang Anda. Sangat disarankan agar mengisi data Anda sesuai dengan data KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan rekening Bank Anda, karena nama dan data yang tercantum di Paypal dengan di rekening Bank harus sama. Terkadang, pada kasus yang sangat jarang, Paypal juga meminta Anda menunjukkan bukti bahwa Anda pemilik akun Paypal sesuai dengan nama dan alamat yang tertera dalam akun dengan mengirimkan scan KTP atau tagihan telepon/listrik.
– Date of birth/Tanggal lahir: masukkan data tanggal lahir Anda, mulai dari bulan, tanggal, tahun.
– Nationality/Kebangsaan: Pilih Indonesia
– Address Line 1/Baris Alamat 1: Masukkan data alamat Anda sesuai dengan KTP.
– Address Line 2/Baris Alamat 2: Kosongkan jika sama dengan di atas
– City/Kota: Masukkan kota tempat tinggal Anda
– State/province/Region atau Negara Bagian/Provinsi/Wilayah: Masukkan provinsi tempat tinggal Anda
– Postal Code/Kode Pos: Masukkan kode pos Anda.
– Phone Number/Nomor Telepon: Masukkan nomor telepon/hp Anda.

Selanjutnya klik I Agree, Create My Account (Saya setuju, buat rekening saya). Jangan lupa mencatat alamat email dan password Anda karena akan dibutuhkan kembali pada saat login ke akun PayPal Anda.

3. Setelah muncul jendela baru, Anda otomatis akan masuk ke akun PayPal Anda. Selamat, Anda kini sudah memiliki akun PayPal. Namun tunggu dulu, status akun Anda masih unverified. Artinya, Anda hanya bisa menerima kiriman/transfer uang, namun tidak bisa menarik uang ke rekening bank lokal atau belanja online.

Agar bisa mengirim uang tanpa batasan, menarik tabungan Anda ke rekening bank lokal, atau belanja online, Anda harus memverifikasi akun PayPal Anda. Setelah proses verifikasi selesai, status akun PayPal Anda akan verified. Caranya sangat mudah, yaitu memasukkan informasi kartu kredit ke akun PayPal Anda.

Bagaimana jika Anda tidak mempunyai kartu kredit? Ada cara lain yang legal dan murah yaitu menggunakan VCC atau Virtual Credit Card.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.