home Cerita Anak Alice in Wonderland: Bab 3 – Caucus-race dan Cerita yang Panjang

Alice in Wonderland: Bab 3 – Caucus-race dan Cerita yang Panjang

Fury4 berkata pada Tikus, saat mereka bertemu di rumah, ‘Ayo kita ke kantor pengadilan: aku akan menuntutmu.— Baik, aku tak akan menyangkalnya: Kita harus melakukan sidang; karena sebenarnya pagi ini aku tak ada kegiatan.’ Jawab Tikus pada si penjahat,’ Pengadilan kok semacam itu, tuan, jika tidak ada juri atau hakim, maka akan sia-sia saja pembicaraan kita.”Aku akan menjadi hakim, aku akan menjadi juri,’ujar Fury tua yang licik; ‘Aku akan menghalalkan segala cara dan menghukum mati dirimu.'”

“Kau tidak menyimak rupanya,” Tikus menegur Alice dengan gusar. “Kau itu sedang memikirkan apa?”

“Maafkan aku sebelumnya,” jawab Alice dengan rendah hati, “tapi kau sepertinya mulai  tidak waras, mungkinkah demikian?”

“Kau ini bicara apa, kau menghinaku dengan omongan yang tak masuk akal itu!” tandas si Tikus, sambil melangkah pergi.

“Tolong kembalilah dan selesaikan ceritamu!” Alice memanggilnya. Dan yang lain juga serempak, “Benar, ayo kembalilah!” namun Tikus hanya menggeleng tidak sabar dan semakin bergegas.

“Andai saja Dinah, kucing kami, ada di sini!” ujar Alice. Tak disangka ucapannya  tersebut malah membuat hewan-hewan lain gempar. Beberapa burung ada yang langsung terbang pergi, dan burung Kenari segera memanggil buah hatinya dengan gemetar, “Kemarilah, anak-anakku sayang! Ini saat yang tepat untuk tidur!” dengan berbagai dalih mereka semua kabur dan meninggalkan Alice seorang diri.

“Andai aku tadi tidak menyebut Dinah! Sepertinya di bawah sini tak ada yang menyukainya, padahal aku yakin kalau dia adalah kucing terbaik di dunia!” Alice yang malang mulai menangis lagi, ia merasa sangat kesepian dan patah semangat. Akan tetapi, tiba-tiba terdengar lagi suara derap langkah dari kejauhan dan dengan antusias ia segera memeriksa siapa yang datang.

i010_th

Diterjemahkan oleh Mei Rosidah © 2015 (Dilarang menyalin dan mempublikasikan ulang terjemahan ini tanpa izin).

Glosarium:

  1. William sang Penakluk = julukan untuk William Normandy atau William 1, Raja Inggris yang berasal dari Normandia (Perancis).
  2. caucus-race = arti sebenarnya adalah rapat pemilihan kandidat atau forum diskusi. Tetapi dalam cerita ini diartikan sebagai balapan lari kesana-kemari untuk mengeringkan badan yang basah kuyup.
  3. comfit = permen beraneka isi; misalnya berisi potongan buah, kacang, atau jahe dll, yang diselimuti gula.
  4. Fury = salah satu makhluk mitologi Yunani.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.