home Cerita Anak Cerita Dongeng Hans Christian Andersen: Pakaian Baru Kaisar

Cerita Dongeng Hans Christian Andersen: Pakaian Baru Kaisar

“Itu pasti pakaian yang sangat bagus!” pikir Kaisar. “Andai aku memilikinya, aku pasti akan tahu lelaki yang tidak cocok dengan jabatan pemerintahnya di kerajaanku, dan juga bisa membedakan orang-orang yang bijaksana dari orang-orang yang bodoh! Pakaian ini harus ditenun untukku secepatnya.” Dan kaisar membayar sejumlah besar uang kepada penenun-penenun agar mereka mengerjakan permintaannya segera.

Dua orang yang berpura-pura sebagai penenun memasang dua alat tenun, dan terlihat sibuk bekerja, padahal sebenarnya mereka tidak melakukan sesuatu yang berarti. Mereka meminta sutra paling lembut dan benang emas paling murni; meletakkan keduanya ke dalam ransel mereka; dan kemudian kembali berpura-pura bekerja dengan alat tenun kosong hingga larut malam.

“Aku ingin tahu bagaimana para penenun mengerjakan pakaianku,” ucap sang Kaisar pada dirinya sendiri setelah beberapa waktu; sang Kaisar, bagaimanapun, merasa malu, ketika teringat orang bodoh, atau seseorang yang tidak cakap dalam jabatan pemerintahannya, tak akan bisa melihat hasil pembuatan pakaiannya.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.