home Cerita Anak, Hikayat/Cerita Rakyat Cerita Rakyat Jepang: Momotaro (Persik Kecil)

Cerita Rakyat Jepang: Momotaro (Persik Kecil)

Beberapa ribu tahun yang lalu, hiduplah seorang penebang kayu tua yang jujur dengan istrinya. Pada suatu pagi yang cerah lelaki tua itu berangkat pergi ke perbukitan dengan kapak kecilnya, untuk mengumpulkan seikat ranting-ranting kayu, sementara istrinya pergi ke sungai untuk mencuci pakaian-pakaian kotor.

Ketika ia sampai ke sungai, ia melihat satu buah persik mengambang terbawa arus, maka ia mengambil buah persik tersebut dan membawanya pulang ke rumah, berpikir untuk memberikannya ke suaminya untuk dimakan ketika suaminya pulang nanti.

Lelaki tua itu pun segera turun dari bukit, dan istrinya meletakkan buah persik di depannya, dan ketika sang istri meminta suaminya memakannya, dan membelah buah persik itu menjadi dua, ternyata seorang bayi kecil terlahir ke dunia. Akhirnya pasangan tua tersebut mengambil bayi itu, dan memelihara serta membesarkannya seperti anak mereka sendiri, dan karena bayi tersebut lahir dalam sebuah buah persik, mereka memanggilnya Momotaro atau Persik Kecil.

Tak terasa Persik Kecil tumbuh besar menjadi kuat dan berani, dan pada suatu hari ia berkata pada orangtua angkatnya, “Aku akan pergi ke Pulau Raksasa untuk membawa harta karun yang mereka simpan disana. Berdoalah, dan buatkan aku beberapa roti bulat gandum untuk makanan selama perjalananku.”

Karenanya orang tuanya menggiling gandum dan membuatkan bekal roti bulat untuknya, dan Persik Kecil, setelah meninggalkan orang tuanya dengan perasaan kasih sayang, memulai perjalanannya dengan gembira.
Saat sedang dalam perjalanan, Persik Kecil berpapasan dengan seekor monyet, yang langsung berbicara padanya, dan berkata “Kia!Kia!Kia! Mau kemana kau Persik Kecil?”
“Aku akan pergi ke Pulau Raksasa, untuk mengambil harta karun mereka,” jawab Persik Kecil.
“Apa yang kau bawa di ikat pinggangmu?”
“Aku membawa roti bulat gandum terbaik di seluruh Jepang.”
“Jika kau mau memberikan satu untukku, aku akan pergi denganmu,” kata sang monyet.

Akhirnya Persik Kecil memberikan satu roti bulatnya kepada sang monyet, yang menerimanya dan mengikuti Persik Kecil. Ketika ia melanjutkan perjalanannya, ia mendengar seekor ayam jantan memanggil :”Ken! ken! ken! Mau kemana kau pergi, Tuan Persik?”
Persik Kecil menjawab seperti sebelumnya, dan sang ayam jantan, meminta dan mendapatkan roti bulat juga, menawarkan jasanya, dan mengikuti Persik Kecil.

Tidak jauh setelah itu, mereka bertemu seekor anjing, yang berteriak:”Bow! Wow! Wow! Pergi kemana, Tuan Persik?”
“Aku mau pergi ke Pulau Raksasa, untuk membawa harta karun mereka.”
“Jika kau mau memberiku satu roti bulat gandummu yang enak itu, aku akan pergi denganmu,” kata sang anjing.
“Baiklah, dengan seluruh hatiku,’ kata Persik Kecil. Akhirnya dia melanjutkan perjalanan, dengan sang monyet, sang ayam jantan, dan sang anjing mengikuti perjalanannya.

Ketika mereka sampai di Pulau Raksasa, sang ayam jantan terbang melewati gerbang istana raksasa, dan sang monyet memanjat tembok istana, sementara Persik Kecil, dengan dipandu oleh sang anjing, memasuki gerbang danmasuk ke dalam istana raksasa. Kemudian mereka bertempur melawan para raksasa, dan membuat para raksasa tersebut lari kocar kacir, dan menjadikan rajanya sebagai tawanan.

Akhirnya seluruh raksasa menyatakan menyerah pada Persik Kecil, dan mengeluarkan dan meletakkan harta karunnya di hadapan Persik Kecil. Terdapat topi dan mantel yang membuat pemakainya tidak terlihat, batu perhiasan yang dapat mengatur arus pasang surut, karang, musk, emerald, amber dan tempurung kura-kura, selain emas dan perak. Seluruh harta itu diletakkan di hadapan Persik Kecil oleh para raksasa yang telah menyerah.

Akhirnya Persik Kecil pulang ke rumah sarat dengan harta, dan memberikannya pada orangtua angkatnya agar dapat hidup dalam damai dan kecukupan untuk sisa hidup mereka selanjutnya.

Diterjemahkan oleh Diah Lestariningsih © 2015 (Dilarang menyalin dan mempublikasikan ulang terjemahan ini tanpa izin).

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.