home Cerita Pendek Cerpen Anton Chekhov: Kunjungan Seorang Dokter (A Doctor’s Visit)

Cerpen Anton Chekhov: Kunjungan Seorang Dokter (A Doctor’s Visit)

Dia tersenyum lagi, mengarahkan pandangannya ke dokter, dan menatapnya begitu sedih, begitu cerdas; dan sepertinya gadis itu percaya padanya, dan ingin berbicara terus terang kepadanya, dan ia memiliki pikiran yang sama dengannya. Tapi ia diam, mungkin menunggunya untuk berbicara.

Dan ia tahu apa yang harus dikatakan. Tampak jelas baginya bahwa gadis itu butuh secepat mungkin untuk meninggalkan lima gedung dan jutaan jika dia punya itu – untuk meninggalkan setan yang tampak pada malam hari; tampak jelas baginya, juga, bahwa ia berpendapat demikian bagi dirinya, dan hanya menunggu seseorang yang ia percaya untuk menerimanya dirinya

Tapi ia tidak tahu bagaimana mengatakannya. Bagaimana? Salah satunya adalah malu bertanya kepada orang yang sedang dihukum mengapa mereka diberi hukuman; dan demikian pula canggungnya untuk bertanya kepada orang yang sangat kaya apa yang mereka inginkan dari uang yang sangat banyak tersebut, mengapa mereka begitu pelit untuk menggunakan kekayaan mereka, mengapa mereka tidak melepaskannya, bahkan ketika mereka tidak melihat adanya kebahagiaan bagi mereka; dan jika mereka memulai percakapan tentang hal itu sendiri, biasanya memalukan, canggung, dan panjang

“Bagaimana cara orang mengatakannya?” Korolyov bertanya-tanya “Dan apakah itu penting untuk dikatakan?”

Dan ia mengatakan apa yang maksudnya secara berbelit-belit:

“Anda berada di posisi pemilik pabrik dan ahli waris kaya raya yang tidak puas, anda tidak yakin pada hak anda untuk itu; dan di sini sekarang anda tidak bisa tidur. Itu, tentu saja, lebih baik daripada jika anda merasa puas, tidur nyenyak, dan berpikir segala sesuatunya memuaskan. Sulit tidurmu memberimu  penghargaan;  bagaimanapun juga, itu adalah pertanda baik. Pada kenyataannya, percakapan seperti di antara kita sekarang ini tidak akan pernah terpikirkan oleh orang tua kita. Pada malam hari mereka tidak bicara, melainkan tidur nyenyak; kita, generasi kita, sulit tidur, gelisah, tapi berbicara begitu banyak, dan selalu berusaha untuk memutuskan apakah kita benar atau tidak. Untuk anak-anak atau cucu-cucu kita pertanyaan tersebut – apakah mereka benar atau tidak – akan  terjawab. Semuanya akan lebih jelas bagi mereka daripada bagi kita. Hidup akan lebih baik dalam waktu lima puluh tahun; Sayangnya kita tidak bisa bertahan hidup sampai pada hari itu. Pasti menarik bila kita bisa mengintip.”

“Apa yang akan anak-anak dan cucu-cucu kita lakukan?” tanya Liza

“Saya tidak tahu …. saya kira mereka akan membuang semuanya dan pergi”

“Pergi kemana?”

“Kemana?… Kenapa, kemana yang mereka suka,” kata Korolyov; dan ia tertawa “Ada banyak tempat yang baik, yang orang cerdas bisa kunjungi”

Ia melihat arlojinya.

“Meskipun matahari telah terbit, ” katanya. “Sudah saatnya kau tidur. Gantilah bajumu dan tidur nyenyak. Senang telah mengenalmu,” ia melanjutkan, menekan tangannya. “Kamu adalah orang yang baik, wanita yang menarik. Selamat malam!”

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.