home Cerita Pendek Cerpen Anton Chekhov: Kunjungan Seorang Dokter (A Doctor’s Visit)

Cerpen Anton Chekhov: Kunjungan Seorang Dokter (A Doctor’s Visit)

Melihat bangunan pabrik dan asrama, di mana kaum pekerja sedang tertidur, ia berpikir lagi tentang apa yang selalu ia pikirkan ketika ia melihat sebuah pabrik. Mereka mungkin memiliki pagelaran untuk para kaum buruh, proyektor, dokter di pabrik, dan perbaikan segala macam, tapi, semua sama, kaum pekerja yang ia temui dalam perjalanannya dari stasiun tidak terlihat berbeda sama sekali dari mereka yang dia telah kenal lama di masa kecilnya, sebelum ada pagelaran pabrik dan perbaikan. Karena seorang dokter terbiasa untuk menilai dengan benar keluhan kronis, penyebab radikal yang tidak bisa dimengerti dan tidak dapat disembuhkan, ia memandang pabrik sebagai sesuatu yang membingungkan, penyebab yang juga tidak jelas dan tidak dapat dihapus, dan semua perbaikan dalam kehidupan pabrik tangan ia pandang bukan seperti tidak berguna, tapi seperti setara dengan pengobatan penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

“Ada sesuatu yang membingungkan di dalamnya, tentu saja …” pikirnya, melihat jendela-jendela merah. “Seribu lima ratus atau dua ribu para kaum buruh bekerja tanpa istirahat di lingkungan yang tidak sehat, membuat bahan katun yang buruk, tinggal di ambang kelaparan, dan hanya terbangun dari mimpi buruk ini pada selang waktu yang langka di kedai, seratus orang bertindak sebagai pengawas, dan seluruh hidup dari yang seratus itu dihabiskan dengan memungut denda, dengan cara penyiksaan, ketidakadilan, dan hanya dua atau tiga yang disebut pemilik menikmati keuntungannya, meskipun mereka tidak bekerja sama sekali, dan menghina kapas yang menyedihkan. Tapi apa keuntungannya, dan bagaimana mereka menikmatinya. Madame Lyalikov dan putrinya tidak bahagia – itu membuat orang pun sedih melihat mereka; satu-satunya yang menikmati hidupnya adalah Christina Dmitryevna, si bodoh, perawan separuh baya berkacamata kuno. Maka tampak bahwa semua lima gedung ini sedang bekerja, dan kapas murahan dijual di pasar Timur, hanya bahwa Christina Dmitryevna dapat makan sterlet dan minum Madeira.”

Tiba-tiba terdengar suara aneh, suara yang sama seperti yang Korolyov pernah dengar sebelum makan malam. Seseorang memukul selembar logam di dekat salah satu gedung; ia memukul sebuah catatan, dan kemudian sekaligus memeriksa getaran, sehingga suara singkat,, mendadak, dan sumbang yang diproduksi, lebih seperti “Dair … dair … dair ….” Lalu ada setengah menit keheningan, dan dari bangunan lain terdengar suara yang sama mendadak dan tidak menyenangkan, bass rendah berbunyi: “Drin … drin … drin …” Sebelas kali Ternyata itu adalah penjaga yang memukul jam. Dekat gedung ketiga ia mendengar: “Zhuk … Zhuk … Zhuk ….” Dan sangat dekat semua bangunan, dan kemudian di belakang asrama dan di luar gerbang. Dan dalam keheningan malam seolah-olah suara-suara tersebut diucapkan oleh monster dengan mata-merah Setan di dalam dirinya, yang menguasai pemilik dan para buruh, dan menipu keduanya.

Korolyov keluar dari halaman memasuki wilayah terbuka.

“Siapa di sana?” seseorang memanggilnya di gerbang dengan suara mendadak.

“Rasanya seperti berada di dalam penjara,” pikirnya, dan tidak menjawab.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.