home Cerita Pendek Cerpen Anton Chekhov: Kunjungan Seorang Dokter (A Doctor’s Visit)

Cerpen Anton Chekhov: Kunjungan Seorang Dokter (A Doctor’s Visit)

“Zhuk … Zhuk …” ada suara bergema dari tempat ketiga, tiba-tiba, dengan tajam, seolah-olah bersama dengan gangguan – “Zhuk … Zhuk ….”

Dan butuh empat menit lagi agar jam berdenting tanda pukul dua belas. Lalu ada keheningan; dan lagi rasanya seolah-olah semuanya sudah mati.

Korolyov duduk sedikit lebih lama, kemudian pergi ke rumah, tapi bangkit duduk untuk waktu yang cukup lama lagi. Di kamar sebelah ada suara berbisik, terdengar suara sandal menyeret dan kaki telanjang.

“Apakah dia mengalami serangan lain?” pikir Korolyov.

Ia pergi keluar untuk melihat sang pasien. Sekarang di dalam kamar sungguh terang, dan secercah samar sinar matahari, menembus melalui kabut pagi, bergetar di lantai dan di dinding ruang tamu. Pintu kamar Liza terbuka, dan ia duduk di kursi yang rendah di samping tempat tidurnya, bersama dengan rambutnya, mengenakan gaun tidur dan dililit syal. Tirai-tirai diturunkan dari jendela.

“Bagaimana perasaanmu?” tanya Korolyov.

“Baik, terima kasih.”

Ia menyentuh denyut nadinya, lalu merapikan rambutnya, yang jatuh di atas dahinya.

“Anda tidak tidur,” katanya. “Cuaca yang bagus. Sekarang musim semi. Para burung bulbul menyanyi, dan anda duduk di dalam gelap dan memikirkan sesuatu.”

Ia mendengarkan dan menatap ke dalam wajahnya; matanya penuh kesedihan dan kecerdasan, dan tampak jelas ia ingin mengatakan sesuatu padanya.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.