home Novel Fantasi Frankenstein karya Mary Shelley: Bab 3

Frankenstein karya Mary Shelley: Bab 3

“Aku senang”, kata M. Waldman,” memiliki seorang murid, dan jika penerapanmu menyamai kemampuanmu maka aku tak meragukan kesuksesanmu. Kimia adalah cabang filsafat alam dimana kemajuan besar telah dan mungkin dibuat, dalam kumpulan penelitian yang telah kubuat khusus, di waktu yang sama aku tidak mengabaikan cabang ilmu pengetahuan lain.

Seseorang akan berhasil, tapi maaf itu jika dia hanya berkonsentrasi pada cabang ilmu pengetahuan manusia saja. Jika keinginanmu adalah benar-benar menjadi seorang ahli ilmu pengetahuan dan tidak hanya menjadi seorang peneliti, aku sarankan kau untuk menggunakan setiap cabang filsafat alam termasuk matematika.”

Kemudian dia membawaku ke laboratoriumnya dan menjelaskan penggunaan berbagai mesin yang dia miliki, menginstruksikanku terhadap apa-apa yang harus aku pelajari dan menjanjikanku untuk menggunakan mesinnya saat aku memiliki banyak kemajuan ilmu pengetahuan, bukan untuk mengacaukan mekanismenya. Dia juga memberikanku daftar buku-buku yang aku perlukan, kemudian aku pergi.

Demikian akhir dari hari yang sangat aku kenang yang menentukan nasibku di masa depan.

Diterjemahkan oleh Neti Yunilianti © 2015 (Dilarang menyalin dan mempublikasikan ulang terjemahan ini tanpa izin).

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.