home Novel Fantasi Frankenstein karya Mary Shelley: Bab 4

Frankenstein karya Mary Shelley: Bab 4

Sejak hari ini filsafat alam terutama kimia, hampir menjadi satu-satunya kesibukanku. Dengan semangat aku membaca karya-karya yang telah ditulis peneliti-peneliti modern pada bidang ini yang penuh dengan kecerdasan dan perbedaan. Aku menghadiri kuliah dan mempererat hubungan dengan ilmuan-ilmuan di universitas, bahkan aku menemukan bahwa M. Krempe mengkombinasikan pengertian yang logis dan informasi yang nyata dengan sebuah ilmu firasat dan sikap yang menjijikan, itu benar tapi tidak untuk catatan yang kurang bernilainya.

Dalam diri M. Waldman aku menemukan sahabat sejati. Kelemah-lembutannya tak pernah dibubuhi oleh sikap keras kepala, dan perintah yang diberikannya dengan sebuah keterusterangan dan sikap yang baik, mengandung informasi yang menonjolkan keilmuan. Beribu-ribu cara dia lakukan untuk mempermudahku mempelajari ilmu pengetahuan dan membuat penelitian yang paling sulit dipahami menjadi jelas dan mudah dilakukan menurut pemahamanku.

Penerapanku yang pada awalnya berubah-ubah dan tak menetu, mendapatkan kekuatan karena aku mulai sangat bersemangat dan berhasrat. Selama aku berperang di laboratoriumku, bintang-bintang tak akan hilang ditelan sinar matahari.

Karena aku sangat sering menerapkannya, aku dapat memahaminya dengan mudah kemajuanku pun sangat cepat. Semangat dan kecakapanku untuk menguasainya sungguh mengherankan mahasiswa-mahasiswa lain. Profesor Krempe sering bertanya padaku, dengan sebuah senyuman yang licik, bagaimana Cornelius Agrippa lanjutnya, sementara M. Waldman mengungkapkan kegembiraan yang paling dalam atas kemajuanku.

Dua tahun berlalu dengan cara seperti ini, selama itu pula aku tidak berkunjung ke Geneva, hati dan jiwaku sibuk mencari beberapa penemuan yang aku harap berhasil. Tak satupun, tapi mereka yang telah mengalaminya pun paham akan daya tarik ilmu pengetahuan. Pada penelitian yang lain, lakukanlah sejauh orang yang telah melakukannya sebelum kamu, dan tak ada yang lebih mengetahui, tapi dalam pencarian ilmiah akan selalu ada penemuan dan kekaguman.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.