home Novel Fantasi Frankenstein karya Mary Shelley: Bab 4

Frankenstein karya Mary Shelley: Bab 4

Keheranan pada penemuan ini yang pada awalnya aku rasakan seketika berubah menjadi kesenangan dan kegembiraan. Setelah menghabiskan banyak waktu untuk kerja keras yang menyakitkan, untuk mencapai puncak keinginanku adalah wujud kerja kerasku yang paling memuaskan.

Penemuan ini sangat luar biasa dan gemilang dimana semua tahapan yang telah aku tempuh secara perlahan-lahan musnah, dan aku hanya melihat hasilnya. Penelitian yang diinginkan sejak dunia diciptakan oleh orang-orang yang paling cerdas sekarang ada dalam genggamanku. Bukankah itu seperti permainan sihir, semuanya terbuka seketika: informasi yang telah aku peroleh tentang alam cukup untuk menunjukan usahaku yang aku curahkan pada objek-objek penelitianku dibanding memamerkan objek yang telah dicapai.

Aku seperti orang Arab yang telah melupakan kematian dan menemukan jalan untuk hidup, hanya dibantu oleh sebuah kerlipan cahaya yang tak berguna.

Aku melihat dari keinginan dan kekagumanmu serta harapan yang matamu ungkapkan, temanku, bahwa kau berharap diberitahukan rahasia yang aku ketahui dan tidak dapat diketahui. Dengarkan baik-baik sampai akhir ceritaku, dan kau akan dengan mudah merasa mengapa aku menyendiri demi hal tersebut. Aku tidak akan menipumu, lengah dan semangat pada kehilangan dan kesengsaraanmu seperti aku waktu itu.

Belajarlah dariku, jika tidak dari ajaranku, setidaknya dari yang aku contohkan, seberapa bahaya kemampuan ilmu pengetahuan dan seberapa bahagia orang yang percaya kota asalnya akan menjadi dunia dibanding orang yang bercita-cita menjadi lebih hebat dari yang alam izinkan.

Ketika aku menemukan sebuah kekuatan yang sangat menakjubkan berada dalam genggamanku, untuk beberapa lama aku bingung bagaimana aku harus menggunakannya. Walaupun aku memiliki kemampuan untuk memberikan kehidupan, namun persiapan untuk mengumpulkan kerangka dengan segala kerumitan urat, otot, dan urat darah halusnya menyisakan pekerjaan yang sulit dan yang tak terbayangkan.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.