home Novel Umum Great Expectations karya Charles Dickens: Bab 1

Great Expectations karya Charles Dickens: Bab 1

Nama keluarga ayahku adalah Pirrip, dan nama Kristenku Philip, namun lidah bayiku tidak mampu mengucapkan kedua nama tersebut secara sempurna kecuali Pip.

Jadi aku menyebut diriku sebagai Pip, dan kemudan menjadi terbiasa dipanggil Pip. Aku diberi nama Pirrip dari nama keluarga ayahku, bersumber dari batu nisannya dan kakak perempuanku, -Mrs. Joe Gargery, yang menikahi seorang pandai besi.

Aku tidak pernah melihat ayah atau ibuku dan tidak pernah melihat persamaan dari salah satunya (mereka hidup jauh sebelum adanya fotografi), khayalan pertamaku  sehubungan dengan tentang seperti apa rupa mereka secara tidak beralasan berasal dari batu nisan mereka.

Bentuk huruf di batu nisan ayahku memberikanku sebuah gagasan yang aneh bahwa ia adalah orang yang ketinggalan zaman, gemuk, suram dan berambut hitam keriting. Dari karakter di prasasti “Juga Georgiana, istri dari yang tersebut diatas,” aku menggambarkan kesimpulan yang kekanakan bahwa ibuku berkulit bintik – bintik dan sudah uzur.

Lalu lima batu yang masing masing berukuran sekitar satu setengah kaki yang disusun dalam barisan rapi disamping kuburan mereka dan dikeramatkan sebagai peringatan untuk lima adik laki – lakiku, – yang menyerah untuk tetap hidup, terlalu dini untuk berjuang, – aku berhutang kepada hal mustahil yang aku percayai dengan taat bahwa mereka semua dilahirkan telentang dengan tangan mereka berada di dalam kantong celana panjang mereka dan tak pernah mengeluarkannya di dalam keadaan hidup.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.