home Hikayat/Cerita Rakyat Kisah 1001 Malam: Bab 3

Kisah 1001 Malam: Bab 3

Lanjutan Cerita Sang Nelayan

“ Sekarang, Wahai Efreet” lanjut sang nelayan, “ Apabila Raja Yoonan memaafkan Dooban yang bijak, maka Allah akan memaafkannya. Namun Raja menolak untuk memaafkan, dan malah menginginkan kehancuran Yoonan. Karena itulah kemudian Allah menghancurkannya. Dan kau Efreet, apabila engkau mengampuniku, maka Allah akan mengampunimu, dan aku pun akan mengampunimu. Namun engkau menginginkan kematianku, maka aku akan membuatmu terpenjara di dalam botol ini hingga kematianmu, dan akan kulemparkan botol ini ke lautan”.

Sang Marid yang mendengar hal tersebut lalu berseru, “ Demi Allah, wahai Nelayan, jangan lakukan hal itu. Berikan padaku kemurahan hatimu, jangan marah padaku atas apa yang telah kulakukan. Apabila aku berbuat jahat padamu, kau harus membalasnya dengan perbuatan baik, seperti yang dikatakan oleh peribahasa, ‘Wahai Engkau, penolong dari-nya yang telah berbuat kesalahan, apa yang dilakukannya cukup bagi dirinya sendiri’. Jangan melakukan hal yang diperbuat oleh Umameh kepada Atikeh” .

Maka sang nelayan berkata, “ Hal apakah yang telah diperbuatnya?”. Dan Efreet menjawab, “ Ini bukan saatnya menceritakan suatu kisah, tidak ketika aku terpenjara seperti ini. Ketika engkau telah membebaskanku, aku akan memberitahumu kisah mereka”.

Sang nelayan menjawab, “ Kau harus dilemparkan ke lautan, dan tidak akan ada lagi jalan keluar bagimu dari sana. Aku telah berusaha keras untuk mengambil hatimu, dan merendahkan diriku di hadapanmu, namun tidak ada yang engkau inginkan selain kehancuranku. Aku tidak tersinggung atas perbuatanmu, dan aku tidak kemudian berlaku buruk padamu, malah aku melakukan perbuatan baik dengan melepaskanmu dari kurungan. Ketika engkau melakukan hal buruk tersebut padaku, aku mengetahui bahwa engkau sangatlah bejat. Dan aku ingin kau mengetahui, bahwa tujuanku untuk melemparkanmu ke laut adalah agar aku dapat memberitahukan kisahmu pada setiap orang yang akan membebaskanmu, serta memperingatkan mereka tentang dirimu, dan dengan demikian mereka akan melemparkanku lagi ke lautan, maka kau akan berada di laut untuk selamanya dan mengalami berbagai jenis siksaan.”

Sang Efreet kemudian berkata, “ Bebaskan diriku, karena ini adalah kesempatan bagimu untuk menunjukkan kemurahan hatimu. Dan aku bersumpah bahwa aku tidak akan berbuat jahat padamu, sebaliknya aku akan melayanimu dan membuatmu kaya selamanya”.Setelahnya, sang nelayan menyetujui perjanjian perihal Efreet yang tidak akan berlaku jahat padanya dan sebaliknya akan berbuat baik padanya. Dan ketika sang nelayan telah meminta Efreet untuk bersumpah dan berikrar atas nama Allah yang Maha Agung, ia pun membuka tutup botol sang Jin.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.