home Hikayat/Cerita Rakyat Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Setelah putri sang menteri mendengar kisah itu dari ayahnya, ia berkata pada sang ayah, “ Aku tetap pada pendirianku untuk menikahi Raja”. Maka sang ayah pun mempersiapkan putrinya untuk bertemu dengan Raja. Sang putri sulung tersebut kemudian memberikan arahan pada adik perempuannya, dimana ia mengatakan, “

Ketika aku sudah tiba di tempat sang Raja, aku akan meminta supaya kau datang. Dan ketika kau telah bertemu denganku, kemudian mendapati waktu yang tepat, katakan padaku, wahai saudariku ceritakan padaku kisah yang menarik untuk menghabiskan malam kita. Dan aku akan menceritakan padamu kisah, yang apabila Allah berkenan, akan menjadi jalan bagi pembebasan kita dan kaum wanita lainnya”.

Sang menteri kemudian membawa anak gadisnya pada sang Raja. Raja yang melihatnya datang merasa senang dan bertanya padanya, “ Apa kau membawa padaku apa yang ku minta?”. Dengan sigap ia menjawab, “ Ya, Raja”. Ketika sang Raja memperkenalkan dirinya pada Shahrazad, gadis itu menangis sehingga sang Raja bertanya padanya, “ Mengapa engkau menangis?”, dan Shahrazad menjawab, “ Wahai baginda Raja, aku memiliki seorang saudara perempuan, dan aku ingin sekali berpamitan padanya”.

Maka sang Raja pun mengirimkan adik perempuannya padanya, sang adik datang dan memeluk kakaknya, duduk di dekat kaki tempat tidurnya, dan setelah menunggu waktu yang tepat, ia mengatakan, “ Dengan nama Allah, wahai saudariku, tolong ceritakan padaku suatu kisah untuk menghabiskan malam kita”. Dengan cerdik Shahrazad menjawab bahwa ia hanya akan menceritakan suatu kisah apabila sang Raja yang bijaksana mengizinkannya. Sang Raja yang mendengar percakapan itu menjadi penasaran, dan ia setuju dengan ide untuk mendengarkan suatu kisah. Maka, pada malam itu, pada malam pertama dari seribu satu malam, Shahrazad memulai kisah-kisahnya.

fig18

 

Diterjemahkan oleh Andina Misana © 2015 (Dilarang menyalin dan mempublikasikan ulang terjemahan ini tanpa izin).

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.