home Hikayat/Cerita Rakyat Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Pada hari keempat, ia meninggalkan Raja Syahriyar, keluar dari kerajaan menuju padang pasir yang luas di luar sana. Ia melakukan perjalanan siang dan malam, dan setiap kali melewati tempat tinggal raja-raja yang memerintah di bawah kekuasaan Raja Syahriyar, sang Raja yang berkuasa di sana akan keluar dan menemuinya, menghadiahinya dengan barang-barang yang mahal, emas dan perak, serta menghiburnya selama tiga hari.

Pada hari keempat, sang Raja akan menemaninya berjalan-jalan selama seharian penuh, sebelum kemudian melepasnya pergi. Selanjutnya, ia meneruskan perjalanannya hingga tiba di dekat wilayah Samarkand, dimana ia segera mengirimkan kurir kepada Raja Shah-Zeman untuk mengabarkan kedatangannya. Sang kurir memasuki kota dan bertanya pada orang-orang bagaimana caranya menuju ke istana.

Setelah sampai, ia memperkenalkan dirinya kepada Raja, mencium tanah di hadapan sang Raja, dan mengatakan bahwa ia adalah utusan yang dikirim berkenaan dengan kedatangan sang menteri. Raja Shah-Zeman segera memerintahkan kepala pengawal nya dan pria-pria kuat dalam kerajaannya untuk pergi dan melakukan perjalanan yang memakan waktu seharian untuk menemui sang menteri. Mereka melakukan apa yang diperintahkan oleh Raja.

Dan ketika akhirnya mereka menemui sang menteri, mereka menyambutnya, dan berjalan di samping pijakan kaki kudanya hingga mereka tiba lagi di istana. Tibalah menteri di hadapan Raja Shah-Zeman, dan sang menteri memberi salam kepada Raja yang disertai puji-pujian kepada sang ilahi atas kemurahan hatinya. Sang menteri mencium tanah di hadapan raja dan menyampaikan keinginan Raja Syahriyar untuk menemui adiknya.

Setelah itu, ia menyampaikan surat yang dititipkan oleh Raja Syahriyar. Raja Shah-Zeman meraihnya, membacanya, dan memahami isinya. Ia pun menyampaikan kesiapannya untuk mematuhi apa yang diperintahkan oleh kakaknya. “ Namun,” katanya kepada sang menteri, “ Aku tidak akan pergi sebelum aku menjamumu selama tiga hari”.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.