home Hikayat/Cerita Rakyat Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Sesuai dengan perkataannya, ia menempatkan sang menteri di istana yang sesuai dengan derajatnya, menempatkan bala tentaranya dalam tenda, dan menunjukkan pada mereka hal-hal yang dibutuhkan untuk memperoleh makanan dan minuman. Maka tinggallah rombongan itu disana selama tiga hari. Pada hari keempat, sang Raja mempersiapkan dirinya untuk perjalanan, mempersiapkan barang-barangnya, dan mengumpulkan seluruh hadiah mahal yang sekiranya cocok dengan reputasi saudaranya.

Selesailah segala persiapan yang dibutuhkan. Raja mengirim tenda-tendanya, unta dan keledai, para pelayan dan pengawal, kemudian ditunjuknya menteri nya untuk memerintah sementara ia melakukan perjalanan, dan berangkat lah ia menuju daerah kekuasaan kakaknya. Pada tengah malam, tiba-tiba Raja teringat bahwa ia meninggalkan sesuatu yang seharusnya dibawanya dari istana.

Maka kembalilah ia ke istana untuk mengambilnya. Dan betapa terkejutnya ketika disana ia menemukan istrinya tertidur di tempat tidurnya, didampingi oleh budak laki-laki berkulit hitam yang tengah tertidur pula di sampingnya. Dihadapkan pada pemandangan seperti itu, tiba-tiba seluruh dunia menjadi gelap di hadapan sang Raja, dan ia berta pada dirinya sendiri, “ Apabila aku belum meninggalkan kota saja dia sudah melakukan hal ini, maka hal apa yang akan dilakukan wanita hina ini ketika aku pergi jauh mengunjungi kakakku?”. Ia kemudian mencabut pedangnya, dan membunuh keduanya di atas tempat tidurnya. Setelah itu ia segera kembali, memerintahkan rombongan untuk berangkat, dan melaju menuju kediaman kakaknya.

fig10

Raja Syahriyar sangat bergembira mendengar kabar kedatangan adiknya, ia segera pergi ke luar untuk menemuinya, menyalaminya, dan menyambutnya dengan kegembiraan yang mendalam. Raja Syahriyar kemudian memerintahkan seluruh kota untuk menghias diri demi menyambut kedatangan adiknya, lalu ia duduk bersama sang adik untuk menghiburnya dengan percakapan yang ceria.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.