home Hikayat/Cerita Rakyat Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Kisah 1001 Malam: Pendahuluan

Ketika Raja Shah-Zeman menyaksikan pemandangan tersebut, ia berkata pada dirinya sendiri, “ Demi Allah, penderitaanku jauh lebih ringan daripada ini”. Kegundahan dan kesedihannya teringankan, dan ia pun mulai makan dan minum dengan normal.

Ketika Raja Shahriyar kembali dari perjalanannya, kedua bersaudara tersebut saling mengucapkan salam, kemudian Raja Shahriyar mengamati Raja Shah-Zeman dan menyadari bahwa warna wajah saudaranya telah kembali, di samping itu ia pun makan dengan penuh nafsu setelah sekian lama hanya makan dengan sangat sedikit.

Ia terkejut, dan ia pun bertanya, “ Wahai saudaraku, ketika aku melihatmu sebelum pergi, warna wajahmu begitu pucat, dan sekarang warna itu telah kembali, maukah kau memberitahu padaku penyebabnya? ”. Raja Shah-Zeman menjawab, “ Mengenai perubahan warna wajahku menjadi pucat, aku akan memberitahumu penyebabnya, namun mengenai penyebab kembalinya warna wajahku seperti semula, maafkan aku karena tidak dapat memberitahukannya padamu”.

Raja Shahriyar menanggapi dengan berkata, “ Pertama, beritahu aku penyebab dari perubahan warna wajahmu, dan penyebab kegundahanmu, biarkan aku mendengarnya”. Maka Raja Shah-Zeman pun bercerita, “ Wahai kakakku, ketika engkau mengirimkan menterimu untuk mengundangku agar hadir di hadapanmu, aku mempersiapkan diriku untuk perjalanan, lalu pergilah aku menuju kediamanmu, namun ketika aku sudah berjalan jauh dan hampir meninggalkan kota, aku teringat bahwa telah kutinggalkan perhiasan yang seharusnya kuberikan padamu.

Maka kembalilah aku ke istana, dan disana kutemukan istriku tengah tidur di atas tempat tidurku, ditemani oleh seorang budak lelaki berkulit hitam. Aku membunuh keduanya, dan kemudian kuteruskan perjalanan untuk menemuimu. Namun pikiranku terus menerus dibayangi oleh perselingkuhan itu, dan itulah penyebab dari berubahnya warna wajahku dan kegundahanku. Namun, untuk penyebab dari kembalinya warna wajahku seperti semula, aku memohon ampun karena tidak dapat memberitahukannya padamu”.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.