home Artikel Tips Bisnis Pengalaman Transfer dan Withdraw Uang Terjemahan Melalui PayPal

Pengalaman Transfer dan Withdraw Uang Terjemahan Melalui PayPal

Kontributor: Edwin Solahuddin

Hari yang ditunggu-tunggu itupun akhirnya tiba. Setelah menunggu lebih kurang 2 bulan, transfer honor saya dari salah satu agensi penerjemahan luar negeri yang dikirim melalui PayPal akhirnya tiba juga.

Jumlahnya memang tidak banyak. Hasil kerja keras di akhir pekan menerjemahkan lebih kurang 15 halaman “hanya” dihargai USD 92,5 atau sekitar Rp 925.000,00 (lihat gambar snapshot di bawah).

Paypal1

Tapi cukup lumayan lah untuk membayar sebagian kebutuhan bulanan termasuk membayar biaya hosting untuk website saya.

Berbeda dengan pengiriman uang melalui transfer bank (wire transfer), Western Union, atau MoneyGram, proses pengiriman uang melalui PayPal berlangsung cepat, hanya dalam hitungan menit.

Setelah uang terkirim, PayPal secara otomatis akan mengirim email notifikasi “You’ve Got Money!” kepada kita untuk memberitahukan seseorang telah mengirim uang kepada kita.

Untuk melihat informasi detil transfer, kita tinggal login ke PayPal (www.paypal.com) dengan memasukkan email dan password kita.

Proses penarikan uang melalui PayPal juga terbilang mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan informasi bank lokal kita (no rekening, nama bank berikut nama kantor cabangnya, dan kode kliring kantor cabang tersebut) ke akun PayPal kita.

Proses penarikan atau withdraw uang dari PayPal ke bank lokal biasanya memakan waktu 2-10 hari. Rata-rata sekitar 4 hari. Penarikan uang PayPal yang saya lakukan melalui Bank Permata tergolong cepat, hanya memakan waktu 2 hari.

Jangan lupa, withdraw atau penarikan uang dari PayPal ke bank lokal hanya bisa dilakukan jika akun PayPal kita sudah verified. Syarat memverifikasi akun PayPal kita adalah dengan memasukkan nomor kartu kredit kea kun PayPal kita.

Namun, jangan khawatir. Bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit, Anda masih bisa melakukan verifikasi dengan menggunakan VCC atau Virtual Credit Card.

Biayanya tergolong murah dan mudah dibanding membuat kartu kredit asli, yakni hanya Rp sekitar 70.000,00. Dari jumlah itupun, sekitar Rp 20.000,00 di antaranya akan dikembalikan ke akun PayPal kita dalam bentuk dolar.

Bagi rekan-rekan penerjemah yang saat ini belum menggunakan PayPal untuk menerima honor penerjemahan dari luar negeri, silahkan mencoba!

Edwin Solahuddin adalah jurnalis, penulis dan penerjemah yang pernah bekerja di berbagai perusahaan penerbitan. Selama karirnya ia pernah bekerja sebagai reporter majalah HWM Indonesia, editor Majalah Mandiri (Bank Mandiri), Berita Kita (Holcim Indonesia), dan Kabar Bappenas (Kementerian PPN/Bappenas). Ia juga pernah bekerja sebagai penerjemah di English Site Vivanews.com, penerjemah lepas di Warta Ekonomi, dan penerjemah freelance di Languages Translation Services, Washington, AS.

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.