home Artikel Tips Bisnis Tips Mengetahui Bidang Pekerjaan yang Sesuai dengan Minat Anda

Tips Mengetahui Bidang Pekerjaan yang Sesuai dengan Minat Anda

MEMAHAMI MINAT ANDA
Setiap orang, siapapun itu, pasti mempunyai minatnya masing-masing. Minat adalah sekumpulan hal-hal yang Anda sukai. Hal-hal yang Anda merasa nyaman dan senang saat melakukannya. Dalam kaitannya dengan pekerjaan, minat adalah bidang pekerjaan yang Anda sukai baik karena jenis pekerjaannya maupun karakter pekerjaannya.

Menurut Prof. Carl Jung, salah seorang tokoh psikologi modern, kepribadian manusia pada dasarnya terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu golongan ekstrovert dan introvert.

Sebelum memutuskan bidang pekerjaan yang akan dipilih, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan menganalisa tipe kepribadian Anda. Apakah Anda termasuk golongan ekstrovert atau introvert? Apakah Anda lebih senang bekerja di lapangan atau di belakang meja? Apakah Anda menyukai bidang pekerjaan yang monoton atau dinamis? Semuanya itu harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh sebelum memilih karir atau pekerjaan. Pasalnya, banyak orang yang gagal dalam pekerjaannya bukan karena tidak mampu secara intelektual atau keahlian, tapi karena bidang pekerjaan yang dipilih tidak sesuai dengan minat dan karakter mereka.

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI MINAT ANDA?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui minat Anda. Salah satunya, menurut Prof. Sigmund Freud, pakar psikologi terkemuka, adalah dengan mengembalikan semuanya ke dalam diri Anda.

“Pada saat membuat keputusan yang tidak terlalu penting, akan selalu berguna bagi saya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu semua aspek positif dan negatif tentang masalah tersebut. Tapi ketika harus mengambil keputusan tentang suatu masalah yang sangat penting, seperti memilih karir atau jodoh, keputusan tersebut haruslah timbul dari alam bawah sadar kita. Dari sesuatu yang ada dalam diri kita. Pada waktu membuat keputusan yang sangat penting dalam kehidupan pribadi kita, menurut hemat saya, kita harus tunduk sepenuhnya pada kebutuhan mendalam yang tersembunyi di dalam jiwa kita.”

Hal ini setali tiga uang dengan ajaran salah satu aliran filsafat yang menyatakan bahwa setiap orang sebenarnya sudah tahu jauh di dalam lubuk hatinya apa sebenarnya yang ingin ia lakukan dalam hidupnya. Yang perlu dilakukan hanyalah menanyakannya kembali ke dalam dirinya, “Apa sebenarnya yang ingin saya lakukan? Bidang pekerjaan apa yang paling sesuai untuk diri saya?”

Cara lain yang dapat Anda lakukan menurut Julia Cameron, penulis buku laris The Artist’s Way, adalah dengan menuliskan daftar keinginan dan mimpi Anda secara cepat dan sekaligus, sebelum sensor dalam diri sempat menghentikannya. Sensor diri ini biasanya akan muncul dengan membawa segudang alasan mengapa Anda tidak bisa melakukan sesuatu yang baru dan kreatif. Misalnya, saya tidak berbakat, saya tidak cukup pintar, saya tidak mampu, dan sebagainya. Resep lain yang juga dianjurkan Cameron adalah dengan bangun pagi lebih awal dan kemudian menerapkan teknik meditasi tulisan bernama “Morning Pages.” Caranya dengan menulis tiga halaman tulisan tangan tentang apapun yang ingin dilakukan dalam hidup Anda.

Apa gunanya teknik meditasi tulisan ini bagi diri kita? Menurut Cameron, selain akan menjernihkan pikiran, hal ini juga bisa membuka berbagai kemungkinan dan keinginan yang selama ini terpendam di dalam diri kita. “Hal yang paling indah tentang metode ini adalah tidak ada cara yang sama untuk melakukannya. Dengan begitu, kritik dalam diri tidak memiliki kesempatan untuk membungkamnya,” katanya.

Mack R. Douglas, penulis buku How to Make a Habit of Succeeding memiliki cara lain untuk mengetahui minat Anda. “Temukan apa yang benar-benar ingin Anda lakukan dalam hidup Anda,” katanya, “Tentukan target dan tujuan Anda. Gambarkan hal itu di dalam pikiran Anda. Bayangkan dalam pikiran Anda apa sebenarnya yang ingin dilakukan? Ingin menjadi orang seperti apa diri Anda?”

“Selanjutnya kumpulkan semua fakta tentang hal itu. Kumpulkan semua hal yang berhubungan dengannya dari perpustakaan, dari pengalaman pribadi, dari pengalaman orang lain, dan dari sumber-sumber lainnya. Analisa, diskusikan, dan uji fakta-fakta itu. Letakkan mereka dalam susunan kerangka logis. Tentukan bagaimana Anda akan mewujudkan tujuan tersebut.”

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Dennis Smith, penulis buku laris asal Amerika. “Selama bertahun-tahun, kelima anak saya selalu datang dengan membawa segudang permasalahan. Misalnya, apakah saya harus mengambil jurusan Seni atau Sastra Inggris? Apakah saya harus menekuni olahraga basket atau sepak bola? Apakah saya harus bekerja di perusahaan ini atau itu?”

“Jawaban yang saya berikan kepada mereka selalu sama. Renungkan apa yang dirasakan dalam jiwa kamu. Ukur ’panas’ di dalamnya, karena itulah hasrat yang akan mengalir ke dalam hati kamu. Pendidikan dan pengalaman akan membantu kamu membuat keputusan yang tepat. Namun hasrat yang dimiliki akan menolong kamu membuat perbedaan pada apapun yang dilakukan.”

”Saya selalu menyarankan kepada orang-orang,” kata Jim Adams, seorang profesor dari Universitas Standford yang ikut merancang pesawat luar angkasa NASA, ”untuk berani mengambil resiko dalam melakukan sesuatu yang selalu mereka impikan. Terkadang hal itu selaras dengan minat dan kemampuan mereka. Sayangnya, banyak orang saat ini yang hidup dan mati dengan memendam satu keinginan yang tidak pernah mereka wujudkan.”

Jadi, hal pertama yang harus dipertimbangkan jika ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai adalah dengan mengenali minat yang Anda miliki. Tanyakan kepada diri Anda, bidang pekerjaan apa yang Anda sukai? Kemudian, suasana kerja macam apa yang Anda inginkan? Bagaimana caranya? Ambil secarik kertas. Tuliskan minat, hobi, kesukaan, atau apa pun yang Anda senangi di kolom sebelah kiri. Selanjutnya, pada kolom sebelah kanan, tuliskan jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda tersebut, seperti contoh di bawah ini:

Relasi Minat dengan Jenis Pekerjaan
Menulis: Penulis, reporter, editor
Komputer: Teknisi, programer, desain grafis
Mengajar: Guru, tentor, dosen
Musik: Penyanyi, musisi, toko/studio musik
Fotografi: Fotografer studio/media/pernikahan
Olahraga: Atlit, pelatih, toko alat olahraga
Memasak: Katering, toko kue, restoran
Otomotif: Montir, mekanik, bengkel

Sumber: Buku Kiat Jitu Mendapatkan Pekerjaan Idaman (Edwin Solahuddin, Penerbit Escaeva, 2008)

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.